Laman

Kamis, 26 Oktober 2017

APLIKASI REMAJA SNAPCHAT MENGALAHKAN FACEBOOK DAN INSTAGRAM DI AMERIKA SERIKAT


Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak dapat dihindari oleh setiap Negara, banyaknya aplikasi yang diciptakan guna untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Di era millennial sekarang ini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi social network untuk memperluas jaringan pertemanan yang bisa dijangkau diseluruh dunia, sehingga menimbulkan fenomena komunikasi borderless. Dimana setiap orang yang berada dibelahan dunia manapun bisa menjalin komunikasi dengan orang-prang yang berada di Negara lainnya. Salah satu aplikasi jejaring sosial yang terkenal sekitar tahun 2006 adalah Facebook yang diciptakan oleh pemuda asal Amerika Serikat Mark Zuckerberg, sangat fenomenal dan banyak digunakan oleh para remaja diseluruh dunia,khususnya di Amerika Serikat. Melalui Facebook, semua orang bisa menjalin pertemanan dengan siapapun dan dari manapun asalnya. Setiap orang yang memiliki akun Facebook akan menikmati berbagai macam fitur yang ditawarkan, seperti games, sarana chatting, uplod foto, video, status dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan teknologi dalam bidang aplikasi pertemanan, bermunculan aplikasi-aplikasi lainnya yang lebih variatif, seperti Instagram, Twitter dan Snapchat, tentunya dengan berbagai macam varian fitur yang ditawarkan.
Di Amerika Serikat sendiri mulai terjadi pergeseran mengenai kegemaran dalam penggunaan aplikasi social network. Snapchat adalah aplikasi untuk berbagi foto yang unik. Cara kerjanya sederhana, meskipun Instagram telah terlebih dahulu hadir untuk jenis aplikasi yang hamper mirip yakni berbagi foto dan video. Namun snapchat lebih digandrungi oleh anak muda di Amerika Serikat.
Pengguna bisa mengambil foto atau video yang ingin dikirimkan melalui Snapchat, mengatur berapa lama foto itu bisa dilihat oleh si penerima, lalu mengirimkannya kepada teman. Maksimal waktu yang disetel untuk melihat pesan foto atau video itu adalah 10 detik. Setelah waktu tersebut habis, pesan akan dihapus secara otomatis dari ponsel si penerima.
Snapchat dikembangkan oleh dua anak muda, Evan Spiegel (22 tahun) dan Bobby Murphy (24). Saat ini, Spiegel menjabat sebagai CEO dan Murphy sebagai CTO di Snapchat. Dalam blog perusahaan, Spiegel berkisah tentang awal mula pengembangan Snapchat. Spiegel dan Murphy bertemu di Standford University pada tahun 2009. Saat itu, Spiegel adalah mahasiswa baru di jurusan Desain Produk, sementara Murphy tengah mengejar gelar sarjana Matematika dan Ilmu Komputer.
Kepopuleran Snapchat mengalahkan aplikasi Facebook dan instagram Studi terbaru bahkan menyatakan bahwa Snapchat menjadi aplikasi media sosial yang populer. Sebuah laporan yang dibuat oleh Piper Jaffray dengan nama “Taking Stock With Teens” menjabarkan hasil studi yang dilakukan terhadap 6.500 remaja di Amerika Serikat. Dalam hasil surveinya, 28 persen menyatakan bahwa media sosial yang paling penting bagi mereka adalah Snapchat, dilanjutkan dengan Instagram dengan 27%, serta di posisi selanjutnya terdapat Twitter lalu Facebook.
Jaffray sendiri melakukan survei tersebut secara semi-tahunan, dan memperlihatkan bagaimana Snapchat telah meraih popularitas semakin tinggi setiap tahunnya. Pada awal tahun 2015 lalu, media sosial Instagram lah yang menjadi posisi pertama sementara Snapchat berada di posisi keempat. Namun jelang akhir tahun lalu, Snapchat mulai menaikkan posisinya sedikit lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil survei ini sendiri menunjukkan bahwa remaja lebih menyukai media sosial yang memiliki basis multimedia dan video dibandingkan media sosial yang dominasinya berbasis teks seperti Facebook atau Twitter.
Dari survey tersebut menunjukkan bahwa remaja Amerika Serikat lebih memilih menggunakan aplikasi pengiriman foto dan video dengan berbagai pilihan editan foto, karena gambar yang dikirim bukan sekedar foto pada umumnya, namun bisa di bubuhi dengan animasi lucu dan unik. Selain itu aplikasi ini pula menyediakan sarana chatting yang otomatis terhapus selama 10 detik, ini pula memudahkan penggunanya agar tidak memenuhi memory ponsel bagi si penerima foto atau video.  Menurut VOA juga menyebutkan bahwa aplikasi snapchat ini di gandrungi oleh remaja Amerika Serikat karena lebih mudah dan manawarkan banyak pilihan animasi-animasi lucu. Selain itu pula, para remaja di Inggris lebih memilih snapchat ini sebagai sarana berkomunikasi dengan remaja lainnya, karena dianggap lebih sehat ketimbang Facebook dan Instagram. Berbagai macam keistimewaan snapchat, pilihanmu jatuh ke aplikasi apa?

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar