Laman

Rabu, 25 Oktober 2017

Globalisasi



Globalisasi dan Perkembangan Globalisasi

A.  Pengertian Globalisasi
Memahami definisi dan contoh globalisasi itu penting, terutama untuk para pelajar yang membahas mengenai globalisasi dalam mata pelajarannya. Singkatnya globalisasi ini membuat dunia seakan-akan semakin sempit dan semakin mudah kita dalam berhubungan dengan orang lain walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh. Oleh sebab itu ini adalah tulisan singkat yang membahas mengenai definisi dan contoh globalisasi, silahkan disimak baik-baik informasinya berikut ini.
Berdasarkan Situs Business Dictionary mengemukakan bahwa globalisasi adalah pergerakan dunia secara global dalam hal ekonomi, keuangan, perdagangan, dan juga integrasi dalam bidang komunikasi. Makna ini lebih condong kepada bidang ekonomi dan juga bisnis.menurut Edison A. Jamli dkk adalah pada hakikatnya adalah sebuah proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa diseluruh dunia. Contoh kongkrit dari hal ini misalnya adalah PBB yang awalnya hanya didirikan oleh beberapa negara saja dan saat ini anggotanya hampir seluruh negara didunia.
Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi, dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas sedangkan teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.Kalimat ini dikemukaan oleh Thomas L. Friedman yang mendefiniskan globalisasi itu sendiri. Thomas L. Friedman merupakan salah satu tokoh media paling berpengaruh abad ini, beliau adalah seorang jurnalis, kolumunis dan pengarang buku asal Amerika Serikat. Beliau telah banyak mengeluarkan buku-buku bagus dan laris dipasaran, dan yang paling fenomenal adalah bukunya yang berjudul "The World is Flat" yang terbit perdana pada tahun 2005. Globalisasi menyangkut seluruh proses yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal.Berikut ini berbagai macam contoh globalisasi :
1.      Bidang Ekonomi
a)      Terjadinya ekspor dan impor antara satu negara dengan negara yang lainnya yang didasari atas kebutuhan akan produk tertentu misalnya batubara, dll
b)      .Menjamurnya perusahaan-perusahaan asing didalam negari khususnya perusahaan-prusahaan multinasional yang memiliki modal yang besar.
c)      Munculnya produk-produk luar negeri dipasar-pasar dalam negeri, kita bisa lihat dari maraknya produk China dipasar Indonesia ini.
d)     Memungkinkan terjadinya jual beli online dengan pihak yang berada jauh diluar sana dengan memanfaatkan beragam fasilitas e-commerce.
e)      Terciptanya mesin-mesin atau teknologi-teknologi canggih, mutakhir, dan kekinian yang tentunya membantu proses produksi perusahaan.

2.      Bidang Sosial
a)      Semakin banyaknya bahasa-bahasa asing yang masuk ke Indonesia, mungkin dulu hanya bahasa Inggris namun sekarang sudah banyak sekali.
b)      Semakin lama masyarakat semakin heterogen, tidak hanya bauran dengan masyarakat lokal saja melainkan juga masyarakat internasional.
c)      Emansipasi wanita semakin dijunjung tinggi jadi tidaklah aneh kalau saat ini banyak sekali wanita yang bekerja (wanita karir misalnya).
d)     Berkurang/terkikisnya nilai-nilai ke-timuran bangsa Indonesia yang menjadi salah satu ciri asli bangsa Indonesia adalah semangat gotong royong, dan hal ini semakin lama semakin memudar karena pengaruh globalisasi.

3.      Bidang Budaya
a)      Semakin lama budaya asing semakin berkembang pesat di Indonesia, tentu kita sadari saat ini pengaruh budaya Korea sangat hebat dimasyarakat.Masuknya budaya-budaya asing semakin membuat budaya asli Indonesia semakin tersisihkan, saat ini budaya Korea sagat digemari masyarakat.
b)      Contoh globalisasi yang begitu tidak asing lagi dihadapan kita adalah gaya hidup masyarakat kita yang semakin lama semakin mirip gaya hidup barat.
c)      Globalisasi juga membuka imigrasi yang artinya banyak orang luar negeri yang masuk ke Indonesia dan ini membuat Indonesia semakin heterogen.
d)     Globalisasi menciptakan pertukaran budaya antara satu negara dengan negara lainnya didunia misalnya saja antara Indonesia dengan Jepang.

4.      Bidang Politik
a)      Contoh dari globalisasi dalam bidang politik adalah terjalinnya kerjasama antara negara baik itu bilateral, regional, maupun internasional.
b)      Kerjasama bilateral misalnya kerjasama antara Indonesia dengan Arab Saudi yang membahas masalah ekonomi dan keagamaan (haji dan umroh).
c)      Untuk kerjasama reginal misalnya Indonesia dengan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang membentuk organisasi ASEAN.
d)     Terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan contoh dari globalisasi dalam bidang politik, khususnya politik luar negeri.
e)      Munculnya ideologi-ideologi asing yang harus bisa kita filter, jika itu baik dan sesuai dengan ideologi Indonesia maka bisa kita ambil.



5.      Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a)      Munculnya produk-produk dari teknologi informasi seperti yang kita ketahui saat ini ada radio, televisi, satelit, internet, dan lain sebagainya.
b)      Kemudian juga kita mengenal produk-produk teknologi komunikasi seperti pager, handphone, smartphone, dan masih banyak lagi yang lainnya.
c)      Teknologi transportasi semakin kesini semakin berkembang dengan pesat, saat ini ada pesawat terbang dan kereta api super cepat.
d)     Lahirnya teknologi internet yang membuat manusia semakin mudah berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain walaupun jarak jauh.
e)      Proses belajar mengajar semakin mudah, saat ini banyak kita jumpai sekolah-sekolah atau kampus-kampus yang belajar dengan metode online.

B.       Faktor-faktor Pendorong terjadinya Globalisasi
Globalisasi tidak muncul begitu saja. tentunya ada faktor-faktor pendorong globalisasi yang membuat globalisasi itu muncul dan perkembangannya semakin lama semakin cepat. Globalisasi ini bagai pisau bermata dua, bisa memberikan dampak positif maupun negatif. Oleh sebab itu kita harus cerdas menyikapi kehadiran globalisasi, yang positifnya kita optimalkan yang negatifnya kita buang jauh-jauh. Berikut penjelasan mengenai faktor-faktor pendorong globalisasi:
1. Kemajuan Dalam Bidang Pengetahun dan Teknologi
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor yang mendorong terjadinya globalisasi. Kita tahu bahwasannya dalam beberapa dekade belakangan ini terjadi perkembangan pesat dalam hal berkomunikasi sehingga seseorang akan dengan mudahnya berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain walaupun jaraknya cukup jauh.
2. Kemajuan Dalam Bidang Transportasi
Kemudian juga ada perkembangan dalam sistem transportasi dunia ini yang membuat globalisasi semakin terasa. Dahulu dari satu tempat ke tempat yang lain membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanan karena hanya dengan kendaraan berupa hewan tunggangan seperti kuda, onta, keledai, dan lainnya. Namun saat ini ada kendaraan yang cepat seperti pesawat terbang dan kereta api super cepat.
3. Sistem Perekonomian Negara-negara yang Terbuka.
Tentunya kita semua sudah tahu bahwa sistem ekonomi yang dianut negara-negara saat ini mayoritas adalah sistem ekonomi terbuka sehingga negara yang satu mengadakan kerjasama dengan negara yang lain dalam berbagai bidang misalnya saja ekonomi. Kerjasama seperti ekspor-impor dan perdagangan bebas merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang bisa mendorong globalisasi.

4. Hadirnya Perdagangan Bebas
Senada dengan penjelasan diatas, hadirnya perdagangan bebas merupakan hal-hal yang bisa menguatkan terjadinya globalisasi didunia ini. Tentunya fenomena ini bisa terjadi karena mayoritas negara-negara yang ada saat ini menerapkan sistem ekonomi yan terbuka dimana setiap negara bisa bekerjasama dengan negara lainnya. Dan tentunya Indonesia pun melakuan hal ini dengan negara lainnya.
5. Sistem Keuangan Internasional yang Liberal
Kamu harus tahu bahwa salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa mendorong terjadinya globalisasi didunia ini adalah liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara bahkan mungkin setiap negara memiliki ketergantungan dengan sistem keuangan global yang ada. Salah satunya Indonesia yang membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain.
6. Kemudahaan Dalam Migrasi
Saat ini semakin banyak orang yang bermigrasi atau berpindah dari satu negara ke negara lain dengan berbagai macam tujuan misalnya saja untuk bekerja, menuntut ilmu, wisata, dan berbagai macam keperluan lainnya. Hal ini yang membuat orang-orang yang ada dalam suatu daerah sudah terbiasa dengan orang-orang pendatang yang datang dari daerah lainnya misalnya Bali dengan turis-turis internasionalnya.
7. Kerjasama atau Hubungan Antar Negara
Satu lagi faktor yang tidak kalah pentingnya yang membuat terciptanya globalisasi adalah kerjasama atau hubungan antara negara yang satu dengan negara lainnya. Misalnya saja Indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik itu hubungan bilateral, multilateral, maupun internasional. Tentunya globalisasi semakinmemudahkan suatu negara bekerjasama dengan negara lain.
Perkembangan globalisasi diibaratkan seperti sebuah pedang yang memiliki dua sisi, yakni memiliki sisi positif dan negatif diberbagai bidang. Dalam bidang sosial budaya ini globalisasi telah memberikan pengaruh positif, misalnya pertukaran pelajar antar negara-negara didunia ini yang tentunya saling memberikan manfaat, penegakkan atas Hak-hak Azasi Manusia (HAM), memupuk rasa solidaritas antarbangsa dari berbagai macam negara didunia, dll.
Untuk bidang ekonomi pengaruh positif globalisasi sangat dirasakan misalnya saja aliran dana atau modal mengalir kedalam negeri yang bisa digunakan untuk mempercepat atau memperlancar pembangunan negara, selain itu investasi asing juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran.Dalam segi perpolitikan juga ada pengaruhnya yang berimbas kedalam dunia politis dalam negeri misalnya saja sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia ini semakin lama semakin baik bahkan diakui dunia bahwa Indonesia memiliki sistem demokrasi yang baik, selain itu juga meningkatkan kerjasama diplomatik negara.

Selain itu globalisasi juga memberikan pengaruh yang luar  biasa kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dan ini merupakan pengaruh yang paling terasa kepada setiap orang. Teknologi semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas serta teknologi bisa menghubungkan dunia yang seolah-olah menjadi begitu dekat.
Adapun dampak negatif dari globalisasi diantaranya dalam bidang sosial budaya yang harus kita hindari bersama atau kalau bisa kita hilangkan saja, misalnya merebaknya sifat individualitis dan ingin menang sendiri, hilangnya gotong royong dalam masyarakat Indonesia serta semakin lebarnya jurang kesenjangan sosial.Untuk bidang ekonomi ada juga pengaruh negatifnya yang datang ke Indonesia misalnya saja semakin banyak masuknya arus barang-barang dari luar negeri yang menyebabkan Indonesia mengalami defisit neraca pembayaran, selain itu banyak sumber-sumber daya alam Indonesia yang dinikmati atau dikuasai oleh asing.
Dalam segi perpolitikan dinegeri ini juga ada pengaruhnya dari globalisasi dunia, misalnya saja ancaman-ancaman disintegrasi bangsa (kita bisa berkaca dari lepasnya Timor Timur dari pangkuan NKRI), kemudian seringkali kita lihat demonstarsi yang hampir terjadi disetiap daerah yang mudharatnya lebih banyak.Kemudian ada juga pengaruh negatif dari globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya bisa kita hindari atau kalau bisa kita hilangkan seperti misanya ketergantungan akan teknologi, kecanduan akan teknologi, meningkatnya tindak kriminalitas yang menggunakan teknologi, dan banyak lagi.


Sumber : Isu-isu Global Kontemporer. Prof.Drs. Budi Winarno, MA. P.hD



.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar