Laman

Sabtu, 12 Februari 2011

Pengaruh Kebijakan Nuklir Amerika Serikat di Kawasan Asia Timur dan Tenggara


Perkembangan hubungan internasional saat ini tidak terlepas dari isu-isu yang berkembang didalamnya baik dalam bidang ekonomi, politik maupun militer. Bidang ekonomi dapat dilihat dari kerjasama yang dibangun antara beberapa negara. 

Sabtu, 05 Februari 2011

SOCIAL MOVEMENT DALAM MEWUJUDKAN DEMOKRATISASI DI MYANMAR


Pengantar
Keberagaman masyarakat yang hidup dalam sebuah negara tentunya memiliki kepentingan dan karakteristik yang berbeda-beda antara satu sama lain. Dalam mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut, tentunya harus dijalankan sebuah pemerintahan yang dapat mengakomodir kepentingan-kepentingan rakyatnya. Hal ini dilakukan dengan memberikan kebebasan bagi rakyat dalam mengemukakan pendapat, menjalankan hak-hak sosial dan politiknya, kebebasan dalam mendapatkan informasi baik dari dalam maupun dari luar, kesetaraan bagi seluruh warga masyarakat serta memberikan keleluasaan bagi rakyat untuk memilih dan menentukan siapa yang berhak menjadi pemimpin mereka kelak. Semua ini akan terwujud, apabila sebuah negara telah berhasil melaksanakan sebuah sistem pemerintahan yang mengutamakan kepentingan rakyatnya dan sistem ini dinamakan demokrasi.

POLITICAL APPROACH AND DEVELOPMENTAL APPROACH


a)      Introduction

Pluralitas masyarakat dalam sebuah negara, dimana setiap warga negara memiliki kepentingan dan tujuan hidup yang berbeda-beda. Untuk mencapai kepentingan tersebut, dibutuhkan sebuah sistem yang mengutamakan hak-hak dan nilai-nilai yang mendukung terwujudnya kepentingan dan kebutuhan hidup setiap warga negara, dan sistem yang dianggap paling cocok adalah sistem demokrasi.